Kamis, 24 Desember 2009

DAMPAK PENGGUNAAN INTERNET BAGI PERCEPATAN PERKEMBANGAN DUNIA PENDIDIKAN





Generasi muda yang berintelektual tinggi dan berakhlak mulia dapat memahami perkembangan yang terjadi di negaranya baik perkembagangan yang positif maupun yang negatif. Demikian halnya kita generasi muda yang ada di Negara Indonesia diharapkan dapat memiliki intelektual yang tinggi, sehngga kita juga mampu menyiasati berbagai perkembangan itu.


Perkembangan yang terjadi setiap waktu dan setiap saat itu membutuhkan orang yang mampu mencerna, sehingga penerapan itu dapat di rasakan dan di pahami. Salah satu perkembangan yang terjadi di seluruh dunia adalah dengan perkembgan Tekonologi dan Informasi. Tidak bisa kita menuntut unutk teknologi dan informasi yang mengejar kita, tetapi haruslah kita yang berusaha dengan giat mengejar kedua hal itu. Karena dari waktu ke waktu setiap detik kemajuan teknologi inforamasi selalu mengalami kemajuan yang pesat.

Terbukti kemajuan Teknologi Informasi yang pesat itu membuat berbagai berita yang actual dan terpercaya dapat kita terima dan serap dari berbagai seluruh penjuruh dunia. Bahkan berkat kemajuan Teknologi Informasi itu sehingga sekarang terciptalah “sang dewi” informasi yang orang sebut dengan istilah internet. Yang selalu diagung-agungkan kehebatan dan kemampuannya dalam memberitakan berbagai informasih

Internet memberikan kontribusi dan dampak yang sangat besar dalam memajukan dunia pendidikan. Bukan Negara Indonesia saja yang mengalami manfaat adanya internet, melainkan seluruh Negara di dunia merasakan manfaat adanya internet. Tentunya sebelum kita melangkah lebih jauh tentang internet kita harus mengenali dulu apa itu internet, asal usulnya, manfaatnya serta istilah-istilah yang selalu di temukan dalam dunia internet.

A. INTERNET

1. Pengertian Internet
Saya memang bukan orang ahli dalam tekonologi, apalagi berbicara mengenai internet. Karena tempat tinggal saya (Nabire-Papua) saja perkembangan dunia teknologi saja masih tertinggal jauh di bandingkan dengan berbagai daerah di pulau Jawa. Fenomena itu dapat terlihat dari harga browsing di warnet yang harganya sangat tinggi. Harganya 10.000 rupiah/jam. Mahal bukan? Padahal di pulau Jawa harganya hanya 2.000-3.000 rupiah/jam.
Namun dengan berbagai keterbatasan yang saya miliki sebagai putra daerah Papua bukan berarti saya akan berhenti untuk berkarya. Tetapi dengan berbagai keterbatasan itu memacu semangat saya untuk tetap memajukan dan mengembangkan berbagai talenta yang saya miliki diantaranya dengan mengikuti lomba penulisan karya ilmiah yang diselenggarakan oleh politeknik telkom saat ini.
Internet adalah jaringan computer besar yang luas dan mendunia yang menghubungakan pemakai computer dari satu Negara ke Negara yang lain diseluruh dunia. Dimana didalamnya terdapat berbagai sumber daya informasi dari mulai yang statis hingga yang dinamis dan interaktif. Sehingga saat ini tidak heran kalau internet menjadi tempat utama pelarian berabagai kalangan untuk mendapatkan berbagai informasi yang berimbang dan akurat.

2. Sejarah Internet
Sejarah internet dimulai pada tahun 1969 ketika Departemen Pertahanan Amerika, U.S. Defense Advance Research Projects Agency (DARPA) memutuskan unutk mengadakan riset tentang bagaimana caranya menghubungkan sejumlah computer sehingga membentuk jaringan organik. Program riset ini dikenal dengan nama ARPANET. Pada tahun 1970, sudah lebih dari 10 komputer yang berhasil dihubungkan satu sama lain sehingga mereka bisa saling berkomunikasi dan membentuk sebuah jaringan.
Kemudian pada tahun 1972, Roy Tomlinson berhasil menyempurnakan program e-mail yang ia ciptakan setahun yang lalu untuk ARPANET. Program e-mail ini begitu muda sehingga langsung menjadi popular. Pada tahun yang sama, icon @ juga diperkenalkan sebagai lambang pentng yang menunjukan “at” atau “pada”. Tahun 1973, jaringan computer ARPANET mulai dikembangkan ke luar Amerika Serikat. Komputer Universitas College di London merupakan computer pertama yang ada diluar Amerika yang menjadi anggota jaringan ARPANET. Pada tahun yang sama, dua orang ahli computer yakni Vinton Cerf dan Bob Khan mempresentasikan sebuah gagasan yang lebih besar, yang menjadi cikal bakal pemikiran internet. Ide ini dipresentasikan untuk pertama kalinya di Universitas Sussex.
Hari bersejarah berikutnya adalah tanggal 26 Maret 1976, ketika Ratu Inggris berhasil mengirimkan e-mail dari Royal Signals and Radar Establishment di Malvern. Setahun kemudian, sudah lebih dari 100 komputer yang bergabung di ARPANET membentuk sebuah jaringan atau network. Pada 1979, Tom Truscott, Jim Ellis dan Steve Bellovin, menciptakan newsgroups pertama yang diberi nama USENET. Tahun 1981 France Telecom menciptakan gebrakan dengan meluncurkan telpon televisi pertama, dimana orang bisa saling menelpon sambil berhubungan dengan video link.
Karena komputer yang membentuk jaringan semakin hari semakin banyak, maka dibutuhkan sebuah protokol resmi yang diakui oleh semua jaringan. Pada tahun 1982 dibentuk Transmission Control Protocol atau TCP dan Internet Protokol atau IP yang kita kenal semua. Sementara itu di Eropa muncul jaringan komputer tandingan yang dikenal dengan Eunet, yang menyediakan jasa jaringan komputer di negara-negara Belanda, Inggris, Denmark dan Swedia. Jaringan Eunet menyediakan jasa e-mail dan newsgroup USENET.
Untuk menyeragamkan alamat di jaringan komputer yang ada, maka pada tahun 1984 diperkenalkan sistem nama domain, yang kini kita kenal dengan DNS atau Domain Name System. Komputer yang tersambung dengan jaringan yang ada sudah melebihi 1000 komputer lebih. Pada 1987 jumlah komputer yang tersambung ke jaringan melonjak 10 kali lipat menjadi 10.000 lebih.
Tahun 1988, Jarko Oikarinen dari Finland menemukan dan sekaligus memperkenalkan IRC atau Internet Relay Chat. Setahun kemudian, jumlah komputer yang saling berhubungan kembali melonjak 10 kali lipat dalam setahun. Tak kurang dari 100.000 komputer kini membentuk sebuah jaringan. Tahun 1990 adalah tahun yang paling bersejarah, ketika Tim Berners Lee menemukan program editor dan browser yang bisa menjelajah antara satu komputer dengan komputer yang lainnya, yang membentuk jaringan itu. Program inilah yang disebut www, atau Worl Wide Web.
Walaupun sejarah internet didunia telah di kenal pada tahun 1969, namun di Indonesia sendiri mulai mengenal internet pada awal tahun 1990-an. Saat itu jaringan internet di Indonesia lebih dikenal sebagai paguyuban network, dimana semangat kerjasama, kekeluargaan dan gotong-royong sangat hangat dan terasa diantara para pelakunya. Agak berbeda dengan suasana internet Indonesia pada perkembagannya kemudiam yang terasa lebih komersial dan individual di sebagian aktivitasnya, terutama yang melibatkan perdagangan internet.

3. Istilah-istilah di Internet
Perkembangan teknologi yang mendunia turut merubah pemakaian kosakata Indonesia. Istilah internet yang selalu di gunakan setiap waktu dan setiap saat oleh masyarakat Indonesia merupakan serapan dari bahasa Inggris Amerika, karena bahasa-bahasa dari luar dipandang memilki kekayaan kosakata yang luas serta beragam.
Banyak dari istilah-istilah internet yang memilki sejarah panjang yang membuat makan kata sesungguhnya kabur, sebagai contoh nama-nama merek terkenal yang seringkali mengambil kosakata dari bahasa dimana perusahan itu berada. Dengan demikian istilah itu tercampur dengan kebudayaan dan dan sejarah suatu bangsa akan semaki sulit diterjemahkan ke dalam budaya yang sama sekali berlainan dan tidak memiliki sejarah internet yang sama panjangnya. Sebagai conothnya dapat kita lihat dari istilah desktop sama sekali tidak ada hubungannya dengan “meja” ataupun “permukaan” di dalam bahasa Indonesia.
Sedikit dari sekian banyak istilah internet yang ada seperti ini attachment: lampiran, bandwidth: lebar pita, broadband: jalur lebar, browser: penjelajah, bulletin boar: papan bulletin, chat: obrolan, crash: bertabrakan, domain: ranah, download: ambil data, hosting: hosting, install: instalasi, logout: log keluar, e-mail: imel/rate, website: situs web, wireleas: nirkabel.
Penguasaan istilah-istilah internet yang semakin banyak sangat membantu sekali. Karena dengan memahaminya kita bisa menjelajahi kemanapun. Orang-orang yang tidak paham dengan istilah-istilah di internet akan mengalami kesulitan apabila ingin menemukan hal-hal yang baru. Sehingga jangan heran kalau banyak orang cepat puas dan bangga apabila baru saja memulai sesuatu hal yang baru termasuk internet. Orang yang bertipe seperti ini cenderung membunuh dirinya sendiri dari berbagai perkembangan yang ada. Sehingga kehidupannya tidak pernah berubah.

B. PENDIDIKAN
Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa, dan Negara. Itu bunyi makna pendidikan menurut Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Berbicara mengenai dunia pendidikan sangat luas, lebar bahkan tak terselami. Karena masalah pendidikan bukan saja kita belajar disekolah, melainkan dimanapun kita bisa belajar. Bahkan yang lebih trend orang menyebutnya dengan pendidikan kehidupan atau pendidikan hidup.
Dalam Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Naional pada pasalnya yang ke-13-16 disitu sedikit mengupas tentang beberpa jenis pendiidkan. Berdasarkan Undang-undang tersebut terdapat tiga jenis pendidikan seperti Pendidikan Formal, nonformal, dan informal yang dapat saling memperkaya.
1. Pendidikan Formal
Pendidikan Formal adalah jalur pendidikan yang terstruktur dan berjenjang yang terdiri atas pendidikan dasar, pendidikan menengah, dan pendidikan tinggi. Pada jalur inilah kita bisa dibentuk. Mulai dari pembentukan moral melalui pelajaran agama, pembentukan karakter melalui pelajran PPKN, pembentukan keahlihan melalui pelajaran keseniaan dana masih banyak lagi pelajaran yang mengarahkan kita pada pemebelajaran.
Jalur pendidikan Formal berbeda dengan Informal dan nonformal. Karena dijalur inilah kita dibentuk, diarahkan serta dikomandoi. Disini kita mempunyai seorang pengasuh yang disebut dengan guru, serta memilki atasan yang kita namakan dengan Kepala Sekolah.
Guru dan kepala sekolah berperan penting dalam berkembangnnya segala sector yang kita milki. Baik perkembangan IQnya maupun EQnya. Karena yang mengontroli jalannya perkembangan belajar kita adalah mereka. Selain itu pendidikan formal merupakan salah satu jenis pendidikan yang punya kuasa dan hak dalam memberikan surat (ijazah) kepada seseorang yang telah cukup cakap dalam menguasai berbagai ilmu maupun pelajarang yang diterapkan dan diajarkan disekolah itu.
2. Pendidikan nonformal
Penidikan non formal adalah jalur pendidikan diluar pendidikan formal yang dapat dilaksanakan secara terstruktur dan berjenjang. Seperti pelatihan, pembinaan, seminar, lokakarya dan lain sebagainya. Jenis pendidikan ini berbeda karena tidak resmi dan tidak mempunyai badan hukum. Sehingga orang yang menempuh pendidikan dan pembinaan disini sering bertndak semaunya dan semana-menanya.
Biasanya orang yang menempuh pendidikan disini adalah mereka yang ingin adanya keahlihan khusus. Akhir daripada pendidikan nonformal sering kali orang mendapatkan yang namanya sertifikat. Sertifkt ini kalau melihat kegunaan tidak terlalu memberikan arti karena kita tidak bisa leluasa untuk bertindak menggunakannya. Sehingga pendidikan nonformal ini lebih sering ditempuh oleh mereka yang dituntut dengan pekerjaan yang mengharuskan mereka unutk menguasainya.
Sebenarnya manfaat yang bisa kita dapat dari menempuh pendidikan nonformal sangat besar. Hanya banyak orang tidak memahami dan tidak mengerti penitngnya penidikan nonformal. Namun pendidikan nonformal seringkali diper-untukan bagi mereka yang mempunyai uang atau duit. Karean biaya yang dikeluarkan cukup besar.
3. Pendidikan Informal
Pendidikan informal adalah adalah jalur pendiidkan keluarga dan lingkungan. Disini yang berperan dan berfungsi dalam memberikan pendidikan adalah orang tua serta mereka yang ada dilingkungan tempat kita hidup.
Orang tua mempunyai fungsi antara lain membina karakter kita, membina moral kita, serta mengarahkan hidup kita. Kemudian masyarakat di lingkungan kita mempunyai fungsi menasehati dan menegur kita apabila kita mempunyai kesalahan yang dapat merugikan orang lain.
Selain menunggu pengajaran dari mereka tugas kita juga mendegar, mentaati serta mengikuti semua yang telah mereka tetapkan agar kita menjadi orang berhasil dan sukses. Jalur pendiidikan ini memberikan fungis dan peran yang lebih terhadap orang tua. Jadi jangan heran kalau kita lihat banyak anak mempunyai moralitas yang rusak karena fungsi daripada pendidikan inforamal tidak efektif ditanamakan.

C. DAMPAK MEMPELAJARI INTERNET
Mengetahui banyak hal tentang internet, sama saja kita mengetahui dunia. Yang perlu kita pahami dunia ini yang mendiami bukan hal-hal yang positif saja, tetapi hal-hal negatifpun ada di dalamya. Karena berbagai macam informasi ada di internet. Jadi manfaat yang diberikan bagi kita sangat besar, tetapi tergantung kita bagaimana cara kita mengolah informasih yang kita dapatkan itu.
1. Dampak Positif
Dampak penggunaan internet tentunya sangat membantu sekali. Yang terutama dan utama adalah wawasan kita yang dulunya sempit menjadi luas berkat adanya internet. Kemudian kemudahan dalam mempelajari berbagai ilmu yang dulunya dianggap mahal dan tidak bisa didapatkan menjadi muda dipelajari. Selain itu manfaat dan dampak yang di timbulkan dari mempelajari internet sebagai berikut :
1. Internet sebagai media komunikasi, merupakan fungsi internet yang paling banyak digunakan dimana setiap pengguna internet dapat berkomunikasi dengan pengguna lainnya dari seluruh dunia.
2. Media pertukaran data, dengan menggunakan email, newsgroup, ftp dan www (world wide web / jaringan situs-situs web) para pengguna internet di seluruh dunia dapat saling bertukar informasi dengan cepat dan murah.
3. Media untuk mencari informasi atau data, perkembangan internet yang pesat, menjadikan www sebagai salah satu sumber informasi yang penting dan akurat.
4. Kemudahan memperoleh informasi yang ada di internet sehingga manusia tahu apa saja yang terjadi.
5. Bisa digunakan sebagai lahan informasi untuk bidang pendidikan, kebudayaan, dan lain-lain
6. Kemudahan bertransaksi dan berbisnis dalam bidang perdagangan sehingga tidak perlu pergi menuju ke tempat penawaran/penjualan.

2. Dampak Negatif
Rusaknya anak-anak muda zaman sekarang disebabkan karena mereka tidak bisa mengontrol hidup mereka. Internet memberikan kebebesan yang seluas-luasnya untuk anak-anak muda berselancar dan berselami. Internet mengijinkan kemanapun anda mau melangkah, bahkan memperbolehkan anda membuka berbagai situs yang jelek (porno) untuk di download dan di tonton.
Dalam hal ini kebebasan anda diuji, apakah dengan kebebasan itu akan merusak hidup anda ataukah dengan kebebasan itu akan mengarahkan dan memberikan pelajaran terpenting unutk pengembangan pembelajaran kemampuan anda. Dalam hal ini andalah yang menentukan arah hidup anda.
Apakah hidupmu mau dirusaki dengan berbagai situs jelek yang ada di internet, ataukah kamu memilih unutk menghindar. Ada beberapa dampak negatif yang dapat di timbulkan dari penggunaan internet, seperti;
Pornografi
Anggapan yang mengatakan bahwa internet identik dengan pornografi, memang tidak salah. Dengan kemampuan penyampaian informasi yang dimiliki internet, pornografi pun merajalela.Untuk mengantisipasi hal ini, para produsen browser melengkapi program mereka dengan kemampuan untuk memilih jenis home-page yang dapat di-akses. Di internet terdapat gambar-gambar pornografi dan kekerasan yang bisa mengakibatkan dorongan kepada seseorang untuk bertindak.
Violence dan gore
Kekejaman dan kesadisan juga banyak ditampilkan. Karena segi bisnis dan isi pada dunia internet tidak terbatas, maka para pemilik situs menggunakan segala macam cara agar dapat menjual situs mereka. Salah satunya dengan Menampilkan hal-hal yang bersifat tabu.
Penipuan
Hal ini memang merajalela di bidang manapun. Internet pun tidak luput dari serangan penipu. Cara yang terbaik adalah tidak mengindahkan hal ini atau mengkonfirmasi informasi yang Anda dapatkan pada penyedia informasi tersebut.

Carding
Karena sifatnya yang real time (langsung), cara belanja dengan menggunakan Kartu kredit adalah carayang paling banyak digunakan dalam dunia internet. Para penjahat internet pun paling banyak melakukan kejahatan dalam bidang ini. Dengan sifat yang terbuka, para penjahat mampu mendeteksi adanya transaksi (yang menggunakan Kartu Kredit) on-line dan mencatat kode Kartu yang digunakan. Untuk selanjutnya mereka menggunakan data yang mereka dapatkan untuk kepentingan kejahatan mereka.

Perjudian
Dampak lainnya adalah meluasnya perjudian. Dengan jaringan yang tersedia, para penjudi tidak perlu pergi ke tempat khusus untuk memenuhi keinginannya. Anda hanya perlu menghindari situs seperti ini, karena umumnya situs perjudian tidak agresif dan memerlukan banyak persetujuan dari pengunjungnya.
1. Mengurangi sifat sosial manusia karena cenderung lebih suka berhubungan lewat internet daripada bertemu secara langsung (face to face).
2. Dari sifat sosial yang berubah dapat mengakibatkan perubahan pola masyarakat dalam berinteraksi.
3. Kejahatan seperti menipu dan mencuri dapat dilakukan di internet (kejahatan juga ikut berkembang).
4. Bisa membuat seseorang kecanduan, terutama yang menyangkut pornografi dan dapat menghabiskan uang karena hanya untuk melayani kecanduan tersebut.

D. DAMPAKNYA BAGI PERKEMBANGAN DUNIA PENDIDIKAN
Teknologi internet kiranya adalah angin segar yang hadir dengan fungsi unutk mendongkrak kemajuan pendidikan diseluruh dunia termasuk Indonesia pada saat ini. Komunikasi melalui internet dapat dilakukan secara interpersonal (misalnya e-mail dan chating) atau juga melalui secara masal yang dikenal dengan istilah “one to many communication” (misalnya mailing list). Bahkan internet juga mampu hadir secara real time audio visual seperti pada metode konvensional dengan adanya aplikasi teleconference.
Berdasarkan beberpa hal yang telah disebutkan diatas, maka internet sebagai media pendidikan mampu menghadapkan karakteristik yang khas, yaitu :
a. Sebagai media interpersonal masa
b. Bersifat Interaktif
c. Memungkinkan komunikasi secara sinkron maupun asinkron
Karakteristik ini memungkinkan pelajar melakukan komunikasi dengan sumber ilmu secara lebih luas bila dibandingkan dengan hanya menggunakan media kovensional. Teknologi internet menunjang pelajar yang mengalami keterbatasan ruang dan waktu untuk tetap dapat menikmati pendidikan.
Metoda talk dan chalk, ”nyantri”, ”usrah” dapat dimodifikasi dalam bentuk komunikasi melalui e-mail, mailing list, dan chatting. Mailing list dapat dianalogikan dengan ”usrah”, dimana pakar akan berdiskusi bersama anggota mailing list. Metoda ini mampu menghilangkan jarak antara pakar dengan pelajar. Suasana yang hangat dan nonformal pada mailing list ternyata menjadi cara pembelajaran yang efektif seperti pada metoda ”usrah”.
Berikut adalah beberapa manfaat penggunaan teknologi informasi yang membantu suksesnya pendidikan di dunia termasuk pendidikan kita :
 Arus informasih tetap mengalir setiap waktu tanpa ada batasan waktu dan tempat.
 Kemudian mendapatkan resource yang lengkap
 Aktifitas pembelajaran pelajar meningkat
 Adanya standarisasi pembelajaran
 Meningkatkan learning outcomes baik kuantitas/kualitas.
Berdasarkan uraian di atas, dapat dikatakan bahwa internet bukanlah pengganti sistem pendidikan. Kehadiran internet lebih bersifat suplementer dan pelengkap. Metoda konvensional tetap diperlukan, hanya saja dapat dimodifikasi ke bentuk lain. Metoda talk dan chalk dimodifikasi menjadi online conference. Metoda ”nyantri” dan ”usrah” mengalami modifikasi menjadi diskusi melalui mailing list.

E. PENUTUP
Memang dalam proses perkembangannya, internet sangat berperan penting. Namun yang sangat disayangkan pada saat ini dengan adanya kemajuan internet, ternyata lebih banyak memberikan dampak yang tidak baik. Saya contohkan saja di daerah saya tinggal (Nabire-Papua), pada saat internet (warnet) belum hadir gambar-gambar, video maupun CD yang berbau porno sangat sukar unutk ditemukan.
Namun ketika mengikuti perkembangan zaman yang kian hari kian modern pada saat internet masuk di daerah kami, hal-hal gila yang tidak pernah di pikirkan oleh kami terjadi. Dimana-mana dibangun Warung Internet (warnet) bahkan banyak yang membangun tepat di depan persekolahan. Sehingga kalau diselidiki secara cermat maka seluruh siswa-siswi yang mempunyai Handphone telah memilik video maupun gambar yang berbau porno.
Inikah yang dinamakan perkembangan internet membantu pendidikan, tentunya tidak. Karena ini malah merusak perkembagan pendidikan di Negara kita.
Dan yang lebih mengherankan banyak anak-anak pelajar rela menghabiskan waktu berjam-jam di warnet hanya untuk menonton dan melihat gambar berbau porno. Yang kalau diamati dapat memanggu mental dan moral mereka.

Dengan demikian kita sebagai generasi muda, tulang punggung bangsa kita. Marilah sama-sama bahu membahu perangi dan lenyapkan berbagai cara yang selalu digunakan unutk merusak hidup para generasi muda saat ini. Kampanyekanlah anti pornografid dan berbagai hal lain yang bisa membuat genersi muda rusak. Agar kemajuan dan perkembangan bangsa ini dapat kita kerjakan secara bersama-sama.

0 komentar: